Keunikan Detail Batu Ginjal yang Pernah Dikeluarkan - Berita Bola

Breaking

HTML/JavaScript

Wednesday, February 6, 2019

Keunikan Detail Batu Ginjal yang Pernah Dikeluarkan

Meski sering disebut sebagai batu, benda satu ini sebetulnya adalah kristal yang terbentuk dari endapan urine. (Foto: Wikimedia Common/Tsester)



Kalau dilihat sekilas batu-batu ini mungkin tampak menarik indah dilihat. Tapi kalau dibayangkan ada salah satu batu tersangkut di saluran kencing rasanya...


Batu ginjal ada beberapa jenis tergantung dari zat penyusunnya. Sebagian batu ginjal terdiri dari kalsium, asam urat, struvit, hingga yang langka sistin. (Foto: Wikimedia Common/Михајло Анђелковић)


Batu ginjal dengan besar 4 milimeter (mm) ini termasuk jenis yang masih bisa diusahakan keluar sendiri bersama urine. (Foto: Wikimedia Common/Jacek Proszyk)

Menurut pengunggah ini adalah contoh batu ginjal asam urat yang berhasil dikeluarkan dari ginjal ayahnya. Tindakan medis diperlukan untuk mengeluarkan batu berukuran 5 mm ke atas. (Foto: Wikimedia Common/Jakupica)

Tidak semua batu ginjal tampak kasar dengan permukaan kristal, ada juga yang berukuran kecil mulus seperti kacang. Batu seperti ini biasanya lebih mudah keluar sendiri bersama urine. (Foto: Wikimedia Common/Jakupica)